Monday 24 August 2015

BONSAI TANAMAN SERUT

Hasil gambar untuk cara merawat bonsai serut

Serut merupakan jenis tanaman yang sudah lama populer sebagai bahan untuk bonsai. Tidak jarang bonsai dari tanaman ini sangat mahal harganya, dikarenaka sangat ideal untuk dikerdilkan.
Serut dalam bahasa latinnya Streblus asper, banyak dijumpai di dataran rendah di bagian utara pulau Jawa, Sumatera. Pada dasarnya serut memang sudah memiliki daun kecil. Namun setelah mengalami masa perawatan sebagai bonsai, daun serut akan menjadi lebih kecil lagi. Kulit kayunya berwarna putih, bertolak belakang dengan warna daunnya. Hal ini menjadi salah satu daya tarik tanaman ini. Selain memiliki keunikan akan daun serta kulit kayu yang berwarna putih, tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik apabila ditanam di dalam pot. Saat ditanam di dalam pot tanaman ini masih dapat membentuk cabang dan ranting. Batangnya juga mudah tumbuh tunas, sehingga mudah dalam pemilihan cabang yang akan dibosai. Tanaman ini memiliki buah yang berwana hijau dan juga berbunga berwarna putih. Baik bunga dan buahnya tidak begitu menonjol karena terlalu kecil ukurannya. 

Masih galian dari alamBonsai serut yang ada sekarang ini bahannya masih galian dari alam. Padahal, tanaman ini mudah di perbanyak, yaitu dengan tunas akar, cangkok dan stek. Hanya cara yang terahir memang agak sulit, sehingga harus di lakukan dengan seksama. Memindahkan tanaman serut dari alam ke dalam pot, harus dilakukan dengan hati-hati. Tanaman ini peka terhadap pemotongan akar. Bila perlu penggaliannya dilakukan secara bertahap. Pertama, potong dulu bagian akarnya, kemudian timbun lagi dengan tanah. Lebih kurang dua bulan berikutnya, pemotongan tahap dua yang merupakan pemotongan seluruhnya dapat dilakukan. Setelah itu, baru tanamannya bisa dipindahkan kedalam pot besar dulu, yang merupakan pot sementara.

Selama masa training ( pembentukan ), agar ia tumbuh sehat, sebaiknya digunakan media tanaman tanah gunung dicampur pupuk kandang atau humus,dengan perbandingan 1 : 1. Pada media tanam ini cabang dan rantingnya akan tumbuh subur dan cepat besar, sehingga cepat mencapai keseimbangan dengan besarnya batang. Jika keseimbangannya dirasakan sudah cukup, tanamannya bisa dipindahkan kedalam pot bongsai yang permanen. Media tanamnya sebaiknya berupa campuran antara tanah gunung, humus, dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
Bonsai serut menyukai matahari penuh, maka harus diletakkan di tempat yang terbuka yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Di tempat itu, ia akan tumbuh baik dan daunnya bisa lebih kecil, serta tahan penyakit. Jika diletakkan pada tempat yang kurang sinar mataharinya, pertumbuhannya akan terganggu, akarnya tidak berkembang baik, daunnya besar-besar, dan ruas cabang atau rantingnya panjang-panjang. Bonsai serut minimal harus disiram satu hari sekali.jika sistem drainasenya bagus, penyiraman bisa dilakukan dua kali sehari,terutama pada musim kemarau.
Musuh utama bonsai serut adalah kutu putih ( Preudococcus citri ) yang mengeluarkan embun madu yang manis rasanya. Penyebaran kuti ini dibantu oleh semut yang menyukai embun madunya. Selain itu, embun madu ini merupakan media tumbuh yang baik bagi cendawan jelaga yang suka menutupi daun sehingga hitam warnanya. Maka dari itu bonsai serut sebaiknya di semprot insektisida atau fungisida secara rutin. Bila perlu bagian yang sudah terserang disikat untuk dibersihkan


Demikian info dari saya, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment